Kehangatan Pada Segelas Wedang Uwuh

GinaAgianti.comKehangatan Pada Segelas Wedang Uwuh | Wedang Uwuh, mungkin sebagian orang khususnya yang berada di luar Pulau Jawa masih sangat asing dengan minuman satu ini. Bukanlah minuman kekinian yang sedang digandrungi remaja-remaja abegeh, hanya minuman tradisional yang memiliki sejuta manfaat. Wedang dalam bahasa Jawa berarti minuman, sedangkan uwuh berarti sampah. Jadi, wedang uwuh berarti minuman sampah, eits…tunggu dulu bukan sampah yang berbau atau menjijikkan ya tapi dinamakan uwuh karena terdiri dari bahan-bahan yang berupa dedaunan dan rempah-rempah yang mirip sampah.

Awalnya iseng-iseng mencoba memesan wedang uwuh ini, karena waktu itu saya bingung mau pesan apa. Sebenarnya bosan dengan minuman yang itu-itu saja. Ekspresi pertama ketika wedang uwuh sampai di atas meja, dalam pikiran ini minuman apa kumpulan dedauan, duh…pilihan yang salah kayaknya nih. Tapi, pas pertama kali mencoba rasanya…wow emezing, hihihihihi. Ternyata rasanya tidak sekacau yang saya pikirkan. Wedang uwuh memiliki cita rasa manis dan pedas serta aroma yang khas.  Mungkin aroma khasnya berasal dari perpaduan jahe, cengke, dan kayu secang. Wedang uwuh sangat cocok diminum untuk menghangatkan badan karena terdiri dari bahan-bahan alami yang berkhasiat.

BACA JUGA :  Makan Sate Klathak Kekinian di Nglathak Jogja

Jika, tertarik ingin mencoba sensasi wedang uwuh kamu tidak perlu khawatir karena sekarang sudah banyak dijual wedang uwuh instan dan wedang uwuh celup. Praktis tinggal diseduh dengan air panas. Dan jika kamu berkunjung ke pulau Jawa khususnya Jogja, kamu juga bisa menjumpai wedang uwuh ini pada  list minuman di warung makan yang kamu kunjungi. Tak hanya warung makan emperan lo, restoran-restoran pun biasanya juga menyediakan wedang uwuh ini.

Segelas Wedang Uwuh
Segelas Wedang Uwuh

Masih penasaran dengan wedang uwuh dan tertantang ingin buat sendiri di rumah, ya udah yuk dicoba. Berikut bahan dan resep wedang uwuh yang saya dapatkan dari kepo sana kepo sini.

Bahan Wedang Uwuh:

  1. 6 cm jahe.
  2. 40 gr kayu secang kering.
  3. 700 ml air.
  4. 50 gr gula batu atau gula pasir
  5. 2 lembar daun kayu anis kering.
  6. 3 lembar daun pala kering.
  7. 3 lembar daun cengkeh kering.
  8. 10 butir cengkeh.
  9. Batang cengkeh kering secukupnya.
BACA JUGA :  Nikmatnya Tongseng Kambing di Warung Sate Solo Sukowati, Pekanbaru

Cara Membuat Wedang Uwuh:

  1. Bakar jahe kemudian memarkan.
  2. Masak air kemudian masukkan semua bahan kecuali gula batu dengan api sedang.
  3. Masak kurang lebih sekitar 16 menit.
  4. Sajikan selagi masih panas dalam galas atau cangkir dengan tambahan gula batu atau gula pasir.

Bagaimana, mudah bukan cara membuatnya ? Selain mudah tentunya minuman tradisional yang satu ini sangat bagus untuk kesehatan. Jadi, tidak ada salahnya mulai dari sekarang masukkan dalam list minuman favorit kamu ya. Cintai minuman tradisonal, cintai minuman khas negeri sendiri.

Leave a Comment