Joglo Ayu Tenan : Wadah Berkreasi Dengan Polymer Clay

GinaAgianti.comBerkreasi Dengan Polymer ClayHai..hai….kali ini saya diberi kesempatan lagi untuk berkumpul dengan orang-orang keceh badai lo. Bukan hanya sekedar kumpul haha..hihi, tapi seperti biasa bareng Blogger Jogja kami berkumpul untuk mempererat silaturahim dan yang paling penting adalah menambah ilmu, bonusnya menghasilkan sesuatu dong. Hayoo..coba tebak, kira-kira kali ini kami menghasilkan apa ya ? Yups..kali ini kami berkesempatan untuk berkreasi menggunakan polymer clay di Joglo Ayu Tenan.

Keseruan Bareng Blogger Jogja Di Joglo Ayu
Keseruan Bareng Blogger Jogja Di Joglo Ayu

Polymer clay ? Apa itu ? Sejenis makanan kah ? Duh…kok jadi makanan ya, hihihihi. Awalnya saya pikir polymer clay ini saudaranya si crayon yang biasa digunakan anak-anak untuk mewarnai, ternyata bukan. Clay sendiri merupakan tanah liat lempung namun bisa juga terbuat dari bahan-bahan lain yang memiliki sifat seperti clay (liat/dapat dibentuk) seperti campuran terigu, pengawet kue, dan lem. Polymer clay sendiri merupakan clay dengan kualitas terbaik dengan harga yang lumayan mahal dan proses pengeringannya juga dengan cara di oven (oven listrik). Dengan polymer clay kita bisa berkreasi sesuai imajinasi. Misalnya ingin membuat bandul, gantungan kunci, bros jilbab, cincin, atau apa saja sesuai kreativitas masing-masing. Hasil akhir berkreasi dengan polymer clay teksturnya mirip dengan keramik dan gerabah namun tidak akan pecah jika dibanting. Wah…keren kan.

Sekilas Tentang Joglo Ayu Tenan

Joglo Ayu Tenan merupakan galeri seni, wadah tempat menghasilkan kerajinan berupa aksesoris perhiasan dan seni olah kain ecoprint. Selain menghasilkan kerajinan dan menjualnya, di sini juga sering dilakukan kegiatan bermanfaat lainnya seperti pelatihan membuat kerajinan untuk masyarakat yang tertarik untuk belajar. Tentunya tujuannya tak lain adalah secara tidak langsung membekali masyarakat sekitar dengan keterampilan sehingga bisa membantu meningkatkan perekonomian. Menurut mba Yayuk Sukardan owner Joglo Ayu Tenan, dua tahun yang lewat tepatnya 2015 tempat ini merupakan wadah berkumpul para perajin yang tergabung dalam Asosiasi Perajin Perhiasan Jogja. Namun lama kelamaan berubah menjadi wadah berlatih dan menghasilkan beragam keterampilan, khususnya perhiasan dan olah seni kain.

Nah, yang tak kalah kerennya menurut penuturan mba Yayuk, Joglo Ayu Tenan sudah mengirimkan 4 perwakilan mereka untuk mendapatkan beasiswa belajar di Australia melalui program Australia Award. Program ini memberi pengetahuan dan membekali konsep bisnis dalam bidang perhiasan. Selain beasiswa belajar di Australia Joglo Ayu Tenan Juga memperoleh penghargaan dari Inacraft, Jakarta.

BACA JUGA :  Ada Store Kini Hadir di Jogja City Mall
Inacraft Award 2017
Inacraft Award 2017

Jika tertarik untuk belajar membuat aneka macam perhiasan dan olah seni kain ecoprint, kamu bisa datang ke alamat Pogung Baru Blok D No.31A, Sinduadi, Sleman, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Adapun paket belajar yang disediakan adalah sebagai berikut:

  • Paket anak-anak Rp. 150.000,00 per anak dan akan diajarkan bagaimana cara membuat miniatur buah dan boneka mini. Jumlah pesertanya minimal 10 orang.
  • Paket dewasa Rp. 250.000,00 per orang dan akan diajarkan bagaimana cara membuat pendant, bros, gantungan kunci. Jumlah pesertanya minimal 7 orang.
  • Paket kain Shibori Rp. 400.000,00 per orang dan akan mendapatkan kain untuk scraf dengan ukuran 2m x 50cm.

Berkreasi dengan Polymer Clay

Hayo…sudah pada gak sabaran ya untuk tau bagaimana kami bisa menghasilkan bros jilbab dan bandul menggunakan polymer clay. Untuk bagian ini kami diajarkan oleh ahlinya yaitu mba Eta pemilik @neverta_galery. Pertama-tama kami diperkenalkan dengan bahan utama yaitu polymer clay. Polymer clay ini sendiri terdiri dari 5 jenis yaitu kids, soft, classic, dan profesional. Penggunaannya tergantung kebutuhan ya, kali ini kami menggunakan yang classic dengan tekstur yang tidak terlalu lembut dan tidak terlalu keras.

BACA JUGA :  Hokben Japanes Fast Food yang Sudah Bersertifikasi Halal
Jenis Polymer Clay
Jenis Polymer Clay

Selain polymer clay alat lain yang diperlukan adalah alas keramik, plastik bening, rol, cutter, alat pembuat motif, dan oven. Selain bahan utama ada bahan lainnya yaitu sebagai pelengkap adalah gliter, cutton bud, pernis, kuas kecil, peniti, dan skrup gantungan. Penggunaan bahan pelengkap ini sesuai dengan apa yang ingin kita hasilkan.

Polymer Clay dan Peralatan yang Digunakan
Polymer Clay dan Peralatan yang Digunakan

Nah, setelah kami diperkenalkan dengan segala peralatannya mulailah kami berkreasi. Pertama-tama polymer claynya harus diuleni terlebih dahulu agar mudah dibentuk. Caranya mirip dengan ngulenin adonan ketika ingin membuat roti. Ternyata suhu tangan juga mempengaruhi cepat atau lambatnya polymer clay ini bisa lembut lo. Jika kamu memiliki suhu tangan yang hangat bisa dipastikan kamu tidak perlu waktu lama untuk melembutkan si polymer clay ini. Nah, setelah lembut kamu bisa langsung berkreasi, saya sih tertarik ingin membuat bros jilbab biar nanti kalau sudah jadi bisa dipamerin ke teman-teman. Karena memang masih amatiran dan memang bukan tipe orang yang ahli dalam menghasilkan karya seni jadilah bros jilbab yang saya buat ini bentuknya abstrak. Tapi, apapun itu dalam karya seni semuanya bagus tidak ada yang tidak bagus. Apalagi hasil dari tangan sendiri selalu memiliki kepuasan tersendiri.

BACA JUGA :  Hokben Japanes Fast Food yang Sudah Bersertifikasi Halal
Bros Berbentuk Abtrak
Bros Berbentuk Abtrak

Setelah selesai dibentuk, tahap selanjutnya adalah pemberian gliter menggunakan cotton bud agar lebih terlihat “hidup.” Kemudian barulah proses pengovenan dengan suhu 110°C api atas bawah selama 30 menit. Oven yang digunakan haruslah oven listrik karena kalau menggunakan oven biasa hasilnya tidak akan bagus. Nah, setelah selesai dioven biarkan dingin kemudian baru dipasang peniti untuk brosnya dan skrup gantungan untuk gantungan kunci. Setelah dipasang peniti dan skrup gantungan maka harus dioven lagi. Tahap terakhir adalah pemberian pernis menggunakan kuas kecil agar mengkilap. Lumayan lama prosesnya, tapi sesuai dengan hasil dan kualitas yang didapatkan.  Bagaimana, seru bukan ?

Hasil Setelah Diberi Gliter
Hasil Setelah Diberi Gliter

1 thought on “Joglo Ayu Tenan : Wadah Berkreasi Dengan Polymer Clay”

Leave a Comment