Kernas, Cemilan Khas Natuna

GinaAgianti.comCara Membuat Kernas Khas Natuna | Pernah ke Natuna atau tau Natuna ? Kalau belum sana tanya sama mbah yang serba tau.  Di sini saya tidak akan membahas secara detail sebuah tempat yang mendapat julukan Mutiara Di Ujung Utara Indonesia alias Natuna, namun untuk sekedar diketahui bahwa Natuna merupakan sebuah kabupaten yang berada di provinsi Kepulauan Riau. Kepulauan Riau ya bukan Riau, karena sampai detik ini masih banyak yang menganggap Kepulauan Riau dan Riau itu sama. Padahal itu dua buah provinsi yang berbeda lo. Duh syediih Hayati. Nah jadi sudah tau kan kalau Natuna itu nama sebuah kabupaten, kalau ditanya secara detail atau bagaimana cara bisa berkunjung ke Natuna nanti ya di tulisan selanjutnya. Kalau dibahas sekarang bakalan panjang, sepanjang jalan kenangan.

BACA JUGA :  Makan Sate Klathak Kekinian di Nglathak Jogja

Natuna merupakan salah satu daerah penghasil ikan laut, ikan tongkol (tuna dan cakalang), napoleon, ikan kerapu, dan masih banyak lagi. Lengkap deh pokoknya. Jadi, jangan heran jika suatu saat awak berkunjung ke sini akan awak jumpai bermacam olahan ikan. Kali ini saya akan membahas, eh bukan membahas sih tapi tepatnya berbagi informasi tentang salah satu cemilan khas Natuna yaitu Kernas. Kernas ? Duh..biasa aja ekpresinya, gak usah sok kebingungan apa lagi sampai mengerenyitkan dahi segala :p Nanti kalau sudah tau atau jika kesampaian mencicipi dijamin bakalan ketagihan.

Baiklah, dari pada penasaran mending kembali lagi ke tema, cemilan khas Natuna yaitu Kernas. Kernas merupakan olahan dari ikan tongkol yang dicampur dengan sagu butir dan bumbu lainnya. Bentuknya bulat pipih dan biasa ditemani dengan cocolan kuah cabe kering (cabe merah yang sudah kering yang biasa digunakan masyarakat Natuna) atau kalau gak mau ribet bisa juga dimakan langsung atau bisa juga dengan saos botolan. Ya, mirip nugget yang biasa awak makan lah, bedanya Kernas dicampur dengan sagu butir. Bisa dibilang Kernas merupakan nuggetnya orang Natuna. Sagu butir bentuknya mirip sagu mutiara yang biasa digunakan untuk membuat bubur , sama bentuk tapi rasa dan kegunaannya beda ya. Jangan pernah berpikir untuk mencoba membuat Kernas dengan sagu mutiara karena dijamin bakalan gagal 😀

Sagu Butir
Sagu Butir

Jika awak  ke Natuna maka tidak akan sulit bagi awak untuk menikmati kelezatan Kernas karena biasanya di warung-warung yang  berjualan gorengan selalu tersedia. Harganya juga tidak akan membuat kantong jebol, per kepingnya cukup dengan uang  1.000-1.500 rupiah. Murah bukan ? Murah plus bergizi, karena tidak bisa dipungkiri bahwa ikan tongkol memiliki sejuta manfaat bagi tubuh. Apalagi Kernas dibuat menggunakan daging ikan tongkol yang masih segar dan didapat dari perairan yang masih terjamin kebersihannya. Belum tercemar limbah-limbah pabrik. Jadi tidak perlu takut dan was-was ya.

BACA JUGA :  Kehangatan Pada Segelas Wedang Uwuh
Kernas, cemilan khas Natuna
Kernas, cemilan khas Natuna

Bagaimana, apakah tertarik untuk mencicipi cemilan khas Natuna yang satu ini ? Jika iya, yuk main-main ke Natuna. Selain kuliner dari berbagai macam olahan ikan awak  juga akan dimanjakan dan dibuat kagum dengan keindahan Mutiara Di Ujung Utara Indonesia ini.

Leave a Comment